Rabu, 06 Mei 2009

Elegi Perbincangan Lingkaran

Oleh : Gadis Zhepa Devi

Titik 1 : Kenapa aku cuma seorang diri di sini ?

Titik 2 : Tidak, kamu tidak sendirian titik 1. Aku berada di dekatmu.

Titik 1 : Siapakah itu yang berbicara?

Titik 2 : Aku adalah titik 2, aku sama dengan dirimu titik 1. Tetapi aku tidak berada di tempatmu. Aku bisa saja berada di dekatmu atau mungkin jauh darimu. Aku bisa sejajar dengan mu atau mungkin bisa tegak lurus dengan mu.

Titik 1 : Jadi aku tidak sendirian di sini, aku mempunyai teman. Titik 2 kau adalah temanku.

Titik 2 : Ya, aku adalah temanmu titik 1.

Titik 1 : Lalu,apakah kita cuma berdua saja di sini ?

Titik 3 : Tidak, kalian tidak hanya sendirian. Aku berada di dekat kalian.

Titik 1 & 2 : Siapakah itu yang berbicara ?

Titik 3 : Aku adalah titik 3, aku sama dengan kalian titik 1 dan titik 2. Tetapi aku tidak berada di tempat kalian. Aku bisa saja berada di dekat kalian atau mungkin jauh dari kalian. Aku bisa sejajar dengan kalian atau mungkin tegak lurus dengan kalian.

Titik 1 & 2 : Jadi kami tidak hanya berdua di sini, kita mempunyai teman. Titik 3 kau adalah teman kami.

Titik 3 : Benar, aku adalah teman kalian titik 1 dan titik 2.

Titik 1 : Tetapi, apakah kita cuma bertiga saja di tempat ini ?

Titik 4 : Tidak, aku berada di dekat kalian jadi kalian tidak hanya bertiga.

Titik 1, 2 & 3 : Siapakah itu yang ikut berbicara?

Titik 4 : Aku adalah titik 4, maaf kalau kehadiranku mengagetkan kalian. Tetapi aku sebenarnya sudah berada di dekat kalian hanya saja kalian tidak menyadarinya.

Titik 1, 2 & 3 : Apakah benar kau berada di dekat kami ?

Titik 4 : Ya, aku berada di dekat kalian atau mungkin juga bisa berada jauh dari kalian. Aku sama dengan kalian, aku bisa sejajar dengan kalian atau mungkin tegak lurus dengan kalian.

Titik 2 : Berarti, kau adalah teman kami titik 4.

Titik 4 : Ya, aku adalah teman kalian.

Titik 3 : Lalu apakah kita hanya berempat saja ? Ataukah kita masih punya teman- teman yang lain seperti kita ini ?

Titik 1, 2 & 4 : Kami juga tidak tahu, mari kita tunggu saja!
……………………………………………………………………………………………….
Titik ke-n : Aku adalah teman kalian yang kesekian banyaknya. Sebelum aku tentu saja masih banyak teman-teman yang sama dengan kita. Tetapi mereka hanya menitipkan salam untuk kalian. Dan kalian harus menganggap keberadaan mereka, karena mereka memang sebenar-benarnya ada.

Titik 1, 2, 3 & 4 : Siapakah itu yang sedang berbicara ? Kenapa kau mengagetkan kami?

Titik ke-n : Maaf jika kehadiranku membuat kalian terkejut. Tetapi sebenar-benarnya aku sudah ada di sekitar kalian. Aku adalah titk ke-n.

Titik 3 : Titik ke-n ? Apakah kau adalah teman kami yang kami tunggu-tunggu.

Titik ke-n : Ya, akulah teman kalian. Aku sama dengan kalian. Aku berada di dekat kalian atau mungkin juga jauh dari kalian, yang jelas aku tidak berada di tempat kalian. Aku juga bisa sejajar dengan kalian atau mungkin juga tegak lurus dengan kalian.

Titik 2 : Akhirnya kita mempunyai banyak teman, sampai teman kita titik ke-n.

Titik 1 : Ya, kita mempunyai banyak teman tetapi sebenarnya kita semua ini berada di mana ?

Titik 2 & 3 : Benar juga, kita sebenarnya berada di mana ? Titik 4 dan titik ke-n apakah kalian tahu kita sebenarnya di mana ?

Titik 4 & ke-n : Kami juga tidak tahu berada di mana ?

Titik pusat : Kalian berada di bidang datar pada tempat kedudukan, yang masing-masing tempat kedudukan kalian mempunyai jarak yang sama dengan diri ku.

Titik 1 : Siapakah itu yang berbicara ?

Titik pusat : Aku adalah titik pusat. Aku adalah inti dari kalian semua, karena kalian tahu keberadaan kalian dengan adanya diriku.

Titik 2 : Jadi aku berada di bidang datar pada tempat kedudukan dengan jarak tertentu dari mu titik pusat ?

Titik pusat : Ya, benar sekali titik 2.

Titik 3 : Apakah aku juga berada di bidang datar pada tempat kedudukan dengan jarak tertentu dari titik pusat ?

Titik pusat
: Benar titik 3, kau juga berada di bidang datar pada tempat kedudukan dengan jarak tertentu dari ku. Jarak antara titik 2 dan aku, serta jarak antara titik 3 dengan ku adalah sama.

Titik 1 & 4 : Lalu apakah kami juga berada di bidang datar pada tempat kedudukan yang mempunyai jarak tertentu dengan dirimu titik pusat ?

Titik pusat : Ya, kalian juga berada di situ. Tepat seperti yang telah kalian sebutkan.

Titik ke-n : Bagaimana dengan diriku, apakah aku juga seperti mereka ?

Titik pusat : Ya, kau juga berada di bidang datar pada tempat kedudukan yang berjarak sama dengan jaraka antara aku dan titik yang lain.

Titik 3 :Tetapi titik pusat, apakah sebenarnya jarak antara kita ini ?

Titik pusat : Benar juga kau titik 3, aku bahkan tidak tahu apa jarak antara kita ini. Adakah diantara kalian yang mengetahuinya ?

Titik 1 & 2 : Kami tidak tahu, kalian titik 4 dan titik ke-n ?

Titik 4 & ke-n : Kami juga sama sekali tidak tahu.

Orang tua berambut putih : Jarak yang kalian bicarakan itu adalah jari-jari. Perkenalkanlah diri mu jari-jari !

Jari-jari : Perkenalkan aku adalah jari-jari. Aku adalah jarak antara kalian para titik, dari titik 1 hingga titik ke-n dengan titik pusat.

Semua titik : Wah, sekarang kami tahu apa itu jarak antara satu titik dengan titik pusat.

Titik pusat : Jari-jari, lalu apakah kamu tahu sebenarnya tempat kedudukan kita ini apa ?

Titik 1 & 2 : Benar sekali, kami juga bertanya-tanya. Apakah sebenarnya tempat kedudukan itu ?

Titik 3,4 & titik ke-n : Kami juga ungin mengajukan pertanyaan tersebut. Jari-jari apakah kamu tahu jawabannya ?

Jari-jari : Maafkan aku teman-teman jika membuat kecewa. Aku tidak tahu tempat kedudukan kita. Bagaimana jika kita berttanya kepada orang tua berambut putih ?

Semua titik : Setuju…..

Jari-jari : Orang tua berambut putih, apakah tempat kedudukan kami para titik yang mempunyai jarak yang sama terhadap titik pusat pada bidang datar ?

Orang tua berambut putih : Wah kalian sangat jeli rupanya. Tempat kedudukan titik-titik yang berjarak sama dengan titik tertentu atau titik pusat adalah LINGKARAN.

Semua titik : Jadi LINGKARAN

Jari-jari : Apakah lingkaran dapat memperkenalkan dirinya ?

Lingkaran : Ya, aku adalah tempat kedudukan titik-titik yang berjarak (jari-jari) sama dengan titik tertentu (titik pusat) yang terletak pada bidang datar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar